Al-Maahira IIBS Malang | SMP AL-MAAHIRA ADAKAN STUDENT EXCHANGE KE IIS MALAYSIA

SMP AL-MAAHIRA ADAKAN STUDENT EXCHANGE KE IIS MALAYSIA

Rangkaian kegiatan Student Exchange (SE) yang berjumlah 84 siswi dan 8 pendamping ini berhenti di dua negara, yakni Malaysia dan Singapura dimulai sejak tanggal 27 Oktober hingga 02 November 2022. Salah satu dari rangkaian kegiatannya adalah dengan mengunjungi salah satu sekolah di Malaysia yakni International Islamic School Malaysia).

Dalam kunjungan ini, peserta Student Exchange dari SMP Al-Maahira IIBS Malang berkesempatan mengenal lebih dalam tentang bagaimana kegiatan belajar di IISM dengan mengikuti kelas bahasa Arab oleh Ustadz Sabir, kelas bahasa Inggris, dan kelas Islamic Studies.

Setiap kelasnya, mereka mendapat tugas yang berbeda. Dimulai dari kelas bahasa Arab, mereka menyelesaikan tugas mengisi titik kosong yang harus sesuai dengan jawaban yang tersedia. Kemudian di kelas bahasa Inggris, mereka harus membaca dan mendeskripsikan gambar di sebuah koran. Dan terakhir kelas Islamic studies, menjawab pertanyaan dari Ustadz dengan metode cepat.

Kemampuan peserta SE dalam berkomunikasi dengan bahasa asing diuji pada kesempatan ini, dimana mereka harus berkomunikasi dengan siswa internasional IISM yang berasal dari berbagai negara. Tidak hanya komunikasi di kelas, namun peserta SE juga bertemu dengan siswa IISM di kantin, dan berbagai wilayah sekolah termasuk saat berkesempatan mencoba kolam renang IISM.

Sebagai wujud bangga dengan budaya Indonesia, peserta SE menampilkan kebudayaan khas Indonesia. Kelompok pertama yakni penampilan tari saman, dan kedua adalah grup paduan suara yang menyanyikan lagu nasional dan daerah Indonesia.

Penampilan selanjutnya datang dari siswa IISM, memainkan alat musik China yang sama-sama disambut antusias tinggi dari peserta yang turut berkumpul dalam Hall Primary IISM.

Setelah beraktifitas di IISM, rombongan SE dari Al-Maahira menuju hostel IIUM (International Islamic University Malaysia) sebagai tujuan penginapan selama dua malam, dan dilanjut dengan campus tour keesokan harinya.

Sebuah pengalaman baru dan amat berharga bagi SMP Al-Maahira yang baru menginjak tahun ketiga untuk berkesempatan melakukan semua rangkaian kegiatan SE di Malaysia dan Sungapura. Semoga bisa memberikan manfaat dan dapat menerapkan setiap hal positif yang didapat. FNF


Baca juga | Belajar, Bermain dan Berwirausaha di Al-Maahira | SANTRI AL-MAAHIRA IIBS MALANG SIAP JALANI KEGIATAN PAT 2021/2022
Share