Al-Maahira IIBS Malang | RS UMM Sosialisasi Bahaya Penyakit Kulit Menular di Al-Maahira IIBS Malang

RS UMM Sosialisasi Bahaya Penyakit Kulit Menular di Al-Maahira IIBS Malang

Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang (RS UMM) melalui dr. Ratna Wulandari beserta tim mensosialisasikan Bahaya Penyakit Kulit Menular yang lumrah terjadi pada para santri di pesantren-pesantren Indonesia. Pada hari ini Selasa, 19 April 2022 sosialisasi diadakan di Al-Maahira IIBS Malang bersama sekitar 800 santri SMP, SMA, dan Mahad Aly Al-Maahira.

Dalam kesempatan ini dr. Ratna menunjukkan berbagai macam Penyakit kulit berbahaya, apalagi jika tidak ditangani dengan tepat. Pasalnya, penyakit yang biasanya menjangkiti kulit dapat menjalar dan menyebar di area sekitarnya, sehingga akan memperparah kondisi pengidap seperti Scabies atau kudis (penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabiei), abses/bisul (Pembengkakan halus di bawah kulit, rasa sakit dan nyeri kehangatan dan kemerahan di daerah yang terkena), eksim (gangguan pada kulit yang ditandai dengan kulit kering, gatal, dan munculnya ruam merah), dll.

Tidak hanya mengenalkan berbagai macam penyakit kulit, dr. Ratna juga menjelaskan bagaimana cara pencegahan dan cara mengobatinya. "Selain obat antibiotik yang bisa di dapat di apotik-apotik, menjaga kebersihan adalah hal utama yang perlu diperhatikan agar lingkungan terhindar dari penyakit kulit, karena kuman / bakteri biasanya tinggal dan berkembang biak di lingkungan yang kumuh dan tidak bersih" jelas dr. Ratna

Mari kita menjaga kebersihan lingkungan kita, mari hidup bersih dan menjaga lingkungan agar tetap bersih, mari mengamalkan hadits Rasulullah SAW.
الطهور شطر الإيمان
"Jaga kebersihan adalah sebagian dari pada iman (HR. Muslim)"

Thanks RS UMM, see you next time


Baca juga | Penerimaan Mahasantri Baru Mahad Aly Al-Maahira Semester Ganjil 2022/2023 | “Membangkitkan Motivasi Belajar Siswi Pascaliburan” - Rr. Nia Paramita Yusuf, M.Si.,M.Psi.,Psikolog.
Share