Al-Maahira IIBS Malang | Diniyah Day SMP Al-Maahira IIBS Malang

Diniyah Day SMP Al-Maahira IIBS Malang

Diniyah Day / Youm Deeneyah adalah salah satu rangkaian acara dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H di Al-Maahira IIBS Malang. Diniyah Day ini dikemas dalam bentuk lomba-lomba khas santri yaitu Cerdas Cermat Islami (CCI), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Musabaqah Khatthil Quran (MKQ) dan Nasyeed Islami. Masing-masing kelas : kelas 7 (9 kelas) dan kelas 8 (7 kelas) SMP Al-Maahira mengirimkan delegasi untuk masing-masing lomba.

Pembukaan lomba dilaksanakan di terra hall gedung akademik lantai 4 pada jam 08.00, semua peserta dan supporter mengikuti acara pembukaan yang dipandu oleh para panitia dan sambutan kepala sekolah SMP Al-Maahira

Para peserta lomba diarahkan untuk menuju lokasi lomba masing-masing kecuali Nasyeed Islami tetap di terra hall disaksikan oleh seluruh santri yang tidak mengikuti lomba sebagai supporter.

Tepukan meriah dari para supporter di saat group nasyid delegasi dari kelas mereka mulai menunjukkan kebolehannya di seni tarik suara ini, pokoknya seruh deh... supporter tiap-tiap kelas menyemangati teman mereka yang tampil. 

Sementara di ruang A lomba CCI berjalan dengan penuh khidmat, terlihat antusias mereka di saat adu cepat dan rebutan menjawab.

Lomba MHQ ada di ruang B kategori 3 juz (Juz 28, 29, dan 30) masing-masing peserta mendapat berbagai tantangan seperti meneruskan ayat, tebak surat, tebak juz, dan lain-lain

Di ruang C ada lomba MKQ, semua peserta diminta untuk menulis sebuah ayat wainnaka laála khuluqin Adhim dengan berbagai desain motif dan warna dalam waktu maksimal 3 jam.

wah tak terasa sudah mau masuk waktu dhuhur ini gaes.... sholat, makan dan istirahat dulu ya...
hem... jadi penasaran nih, siapa saja ya kira-kira yg masuk finalis?

Baik, lanjut lagi gaes, semua peserta kembali lagi ke terra hall untuk mengikuti rangkaian acara final. 4 finalis MHQ dipanggil satu persatu oleh dewan juri untuk menentukan juara 1, 2, dan 3, kemudian lanjut pada finalis CCI yaitu delegasi dari kelas 7E, 7F, 8F dan 8G.

para finalis CCI diniyah day
Para finalis CCI Diniyah Day

Dan akhirnya sampai pada waktu yg ditunggu tunggu oleh semua peserta dan para supporter adalah pengumuman para pemenang dari setiap cabang lomba yang akan dibacakan oleh Ust. Bustan. Deg-degan nih pastinya, dari kelas mana saja ya .. 

"Siapapun yang menang, diterima aja ya" kata ust. Bustan memulai
"Pemenang lomba MHQ adalah......, juara 1 diraih oleh Syifa Zahrotun......" horee... dan tepukan meriah dari para santri kelas 8A karena teman yg didelegasikan menang dalam lomba ini.. begitu ketika disebutkan juara 2 (Zhafirah: 8B) dan juara 3 (Flavia Caesa: 7G)

para pemenang MHQ
Peserta pemenang MHQ Deniyah Day

Untuk juara MKQ atau Kaligrafi Arab, Juri khat (Ust. Hamzah Asrori dan Ust. Auliatul Amin) menentukan juara 1 diraih oleh Aqilah Hanifah :kelas 8D, juara 2 Humaira Dzakira : kelas 8F, dan juara 3 Keyshanantya : kelas 7A.

Penasaran gak hasil karya mereka di MKQ ini? yuk cek  di Kaligrafi 3 Terpilih di Ajang Diniyah Day SMP Al-Maahira IIBS Malang

Semoga dengan diadakannya Diniyah Day ini dapat memberikan support dan semangat para santri dalam berlomba-lomba dalam kebaikan (sibaaqun fil khoirot). Dan tentunya kita berharap agar berlomba-lomba dalam kebaikan ini tidak hanya waktu ada lomba saja melainkan di mana-pun dan kapan-pun harus punya mental berlomba dalam hal kebaikan. 


Baca juga | Yeey.. pulang!, Tapi Ingat Pesan Ustadz/ah Ya Nak | Al-Maahira Sambut Kunjungan dari SD Mudipat
Share