BELAJAR, BERMAIN, DAN BERWIRAUSAHA DI AL-MAAHIRA

Kegiatan entrepreneur mungkin belum menjadi kegiatan yang diminati oleh anak usia remaja, meskipun mereka sudah menjadi salah satu konsumen dalam konsep wirausaha. Namun, Al-Maahira berusaha memperkenalkan dan memberikan bimbingan tentang entrepreneur untuk mengasah kemampuan soft-skill para santrinya. Kegiatan ini juga sebagai salah satu kegiatan seusai menghadapi ujian PAT atau Penilaian Akhir Tahun yang sudah berlangsung Juni lalu.

Rangkaian kegiatan entrepreneur ini terdiri dari pembelajaran cooking class, manajemen tour dan travel, dan manajemen swalayan. Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung di lingkungan kampus Al-Maahira secara bergantian sejak tanggal 5 sampai 16 Juli 2021, sehingga setiap santri mendapatkan seluruh materi.

Kegiatan cooking class berlangsung di ruang bakery Al-Maahira dan dimbimbing langsung oleh Chef Mardiyanto. Beliau mengatakan santri Al-Maahira begitu antusias dalam mengikuti kegiatan ini. “Para santri juga sangat kreatif dan bersemangat, sehingga bentuk dan hiasan roti yang mereka buat begitu unik.” tambahnya.

Sementara pada kegiatan manajemen swalayan, seluruh santri juga berkesempatan praktik langsung di Al-Maahira Mart dibawah bimbingan seluruh petugas koperasi. Ustadzah Rani sebagai salah satu pembimbing pada kegiatan manajemen swalayan mengatakan seluruh santri dibekali dengan berbagai pengetahuan tentang toserba.

 “Seluruh santri atau peserta kegiatan entrepreneur ini diajarkan tentang manajemen pergudangan dan pengoperasian program mesin kasir, trik bagaimana bersaing harga dengan toserba lain dengan mendapatkan harga yang lebih murah.” jelasnya.

Harapannya, Al-Maahira menginginkan santrinya menjadi insan mandiri dan mampu menjunjung perekonomian. Selain itu, santri Al-Maahira juga bebas menumpahkan kreasi dan kreatifitas yang dimiliki sehingga belajar tidak hanya tentang pembelajaran di kelas namun dengan konsep yang berbeda, agar lebih mudah menyerap ilmu tersirat. (fnf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *