Lebaran Sebentar Lagi, Liburan yang Sudah Lama Dinanti

“Anak-anakku, insyaa Allah tanggal 30 April kalian semua liburan dan pulang ke rumah” ucap salah satu musyrifah Al-Maahira.

Sebuah kalimat yang menjawab beribu kali pertanyaan. Kabar yang sudah lama dinanti oleh para santri Al-Maahira. Pelukan ibu yang begitu hangat sangat mereka nanti. Bukan mereka tidak nyaman tinggal dan belajar di Al-Maahira, namun bagaimanapun bagi mereka keluarga tetap menjadi madrasah pertama dan tempat ternyaman sejak mereka dilahirkan.

Makna liburan bagi santri bukan hanya merupakan kepulangan ke rumah dan bisa bertemu dengan keluarga, tetapi juga waktu santri untuk tetap menerapkan poin-poin kedisiplinan yang sudah diajarkan selama masa belajar mereka di Al-Maahira dan menjadi tauladan bagi yang lainnya.

Kebahagiaan santri mulai mereka tunjukkan ketika mereka memilah mana barang yang akan mereka bawa pulang, dan mana barang yang tetap tinggal. Berbagai persiapan mulai mereka lakukan sejak disiarkannya tanggal perpulangan. Pembelian tiket pesawat untuk santri luar Jawa, pendaftaran swab antigen dan PCR untuk santri luar kota Malang, dan setoran target hafalan Al-Qur’an yang harus mereka selesaikan.

Pagi ini (30/04) Al-Maahira IIBS Malang sudah dibanjiri kendaraan yang siap menjemput para santri. Dimulai dari dini hari, 1 bus besar dan 2 mobil siap mengantarkan para santri menuju Bandara Juanda Surabaya untuk santri yang berasal dari luar Jawa. Kemudian disusul wali santri lain dengan senyum kebahagiaannya yang sebentar lagi akan bertemu dengan ananda kesayangannya.

Sementara itu, perpisahan dengan teman-temannya yang kurang lebih sudah delapan bulan bersama juga menjadi sedikit kesedihan dalam diri santri. Lambaian tangan, pelukan, foto bersama, dan ucapan sampai jumpa menjadi pesan tersirat bahwa mereka juga berat melepas teman untuk satu bulan.

Hati-hati di jalan untuk Ayah Bunda dan santri Al-Maahira, semoga liburan ini menjadi waktu yang sangat berharga. Sampai jumpa di Juni mendatang. (fnf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *