Milenial Literacy Talkshow. Promoting Reading Habbit for Reaching Our Dreams

Budayakan Membaca untuk Santri Al-Maahira

Kegiatan membaca yang sudah banyak digantikan oleh kegiatan bersosial media perlu mendapatkan perhatian lebih terutama untuk generasi muda. Di era digital ini semakin marak berbagai jenis berita yang beredar baik fakta maupun hoax, penting dan kurang penting, bahkan berita yang hanya digunakan untuk menggiring isu-isu negatif.

Generasi millenial mendapat tantangan yang jauh lebih besar pada masa literasi digital sedangkan belum tentu mereka mampu menyelesaikan literasi baca tulis. Dampak buruk yang akan terjadi pada generasi ini adalah sangat mungkin mereka mudah terbius oleh isu negatif dan berita hoax. Mengingat pentingnya membaca, sudah seharusnya generasi muda termasuk santri Al-Maahira untuk menyaring informasi yang didapat dengan banyak membaca.

Bertempat di aula lantai Al-Maahira, SMA Al-Maahira mengadakan talkshow (03/04) bertema Promoting Reading Habit for Reaching Our Dreams dengan narasumber seorang dosen Universitas Negeri Malang, Moch. Nurfahrul Lukmanul Hakim. Beliau mengatakan bahwa setiap orang bisa melakukan kegiatan literasi sejak dini. β€œLakukan kebiasaan kecil dengan mulai mencari suatu bacaan hal-hal yang disukai dan konsisten. Selain membaca, kegiatan literasi juga termasuk menulis, menyimak, mendengarkan, dan mengamati. Lanjutkan dengan berdiskusi dengan orang di sekitar tentang apa yang sudah diperoleh, dan jangan sampai plagiasi.” tambahnya.

Nisrina Damayanti dan Hana Nafis sukses membawakan acara talkshow tersebut dan mendapat antusias tinggi dari seluruh audiens dari siswa kelas 10 dan dewan guru. Semoga acara talkshow yang dipandu oleh seorang host dari guru Bahasa Indonesia, ustadzah Mustihayyah dapat menambah minat membaca siswa untuk meraih impian.

Al-Maahira IIBS Malang
Friendly Education
🌐 www.al-maahiraiibs.sch.id
πŸ“ž 081381301310
πŸ“Tirtasani Royal Resort, Malang, East Java, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *