Penilaian Akhir Semester di Al-Maahira, Parameter Kemampuan dan Evaluasi Hasil Belajar Santri

Penilaian Akhir Semester di Al-Maahira, Parameter Kemampuan dan Evaluasi Hasil Belajar Santri

Malang, 19 November 2023 - Al-Maahira International Islamic Boarding School (IIBS) Malang adalah sebuah lembaga pendidikan yang terkenal di Malang Jawa Timur telah berhasil melaksanakan ujian penilaian akhir semester dengan sukses pada tanggal 13 - 18 November 2023. Salah satu upaya dari para tenaga pendidik Al-Maahira IIBS Malang untuk semakin memajukan Pendidikan dalam berbagai mata pelajaran adalah dengan mengadakan ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) agar dapat mengevaluasi progress akademik para santriwati.

PAS adalah momen yang paling disiapkan para santriwati karena mereka selama ini  telah mempersiapkan diri untuk menunjukkan kemampuan progress belajar mereka dalam berbagai mata pelajaran. Setelah berbulan-bulan belajar, tiba saatnya ujian PAS berlangsung dimana ujian PAS ini  wajib diikuti oleh 1400 santri dari jenjang SMP dan SMA Al-Maahira. Namun PAS juga menjadi momen yang paling ditunggu oleh para santri karena setelahnya mereka akan menikmati masa libur semester ganjil dengan orangtua di rumah.

Penilaian Akhir Semester di Al-Maahira, Parameter Kemampuan dan Evaluasi Hasil Belajar Santri_2
Tekan Gambar Untuk Melihat Detail

Para santriwati dan para tenaga pendidik di Al-Maahira dalam memberikan hasil penilaian yang terbaik untuk PAS, mereka telah menyiapkan berbagai rangkaian persiapan untuk memastikan keadilan dan integritas dalam pengadaan ujian. Para guru dan staf bekerja keras dan bekerja sama dalam memastikan semua proses pelaksanaan PAS berjalan dengan lancar, dan aspek penilaian sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Mereka memastikan dengan sangat teliti dan detail mulai dari kelancaran penjadwalan ujian, menyediakan ruang ujian yang nyaman, mempersiapkan dan menyusun soal materi ujian yang relevan dengan kurikulum yang diajarkan. Soal yang diberikan akan ditinjau Kembali oleh MGMPS (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), Validasi  soal dari Wakil Kepala Sekolah dan LPM (Lembaga Penjamin Mutu ) serta memastikan sistem keamanan yang ketat agar berjalan secara jujur, adil dan tanpa gangguan.

Sistem keamanan yang diterapkan untuk memastikan keadilan dan tidak adanya kecurangan dalam pelaksanaan PAS yaitu para pendidik Al-Maahira selalu menekankan untuk selalu mengutamakan kejujuran. Selain itu, Al-Maahira sudah memiliki peraturan dalam tata tertib terkait peserta didik yang melakukan kecurangan akan mendapatkan point pelanggaran sebesar 50 point dan tergolong pelanggaran berat.

Penilaian Akhir Semester di Al-Maahira, Parameter Kemampuan dan Evaluasi Hasil Belajar Santri_1
Tekan Gambar Untuk Melihat Detail

Selain itu, kriteria penilaian yang diterapkan di Al-Maahira IIBS ialah sistem KKM dimana mulai dari kelas 9 menggunakan Kurikulum 2013 yaitu sebesar 75. Sedangkan untuk kelas 7 dan kelas 8 menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) berupa interval nilai dengan kriteria perlu bimbingan (0-75), cukup (75-83), baik (84-92), dan sangat baik (93-100).

Setelah ujian selesai, hasilnya akan dinilai dan diberikan kepada para siswa. Hasil ini akan memberikan gambaran tentang pencapaian siswa dalam setiap mata pelajaran. Hasil dari penilaian akhir semester ini menunjukkan prestasi yang membanggakan bagi siswa Al-Maahira IIBS Malang. Banyak siswa yang berhasil mencapai nilai yang tinggi dan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.

Ustadz Irwan Priyanto, S.Pd,Gr  selaku Ketua Kurikulum Sekolah Al-Maahira IIBS mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi para siswa. "Penilaian akhir semester ini adalah momen penting bagi perkembangan akademik santriwati. Kami bangga dengan semangat anak-anak dalam mempersiapkan pekan PAS ini, mulai dari semangat bertanya ke guru di luar jam pembelajaran, semangat untuk belajar dengan teman-temannya, sehingga terbangun vibes dan suasana belajar yang menyenangkan. Dan momen PAS inilah, kalian berhasil membuktikan hasil terbaik kalian. Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi mereka untuk terus berusaha dan mencapai kesuksesan di masa depan," ujarnya

Dengan suksesnya pelaksanaan PAS ini  Al-Maahira IIBS Malang telah membuktikan komitmennya agar selalu memberikan pendidikan berkualitas kepada para santriwati dengan cara selalu upgrade baik upgrade pada diri sendiri maupun upgrade dalam meningkatkan standar akademik. Semoga prestasi ini menjadi langkah awal untuk mencapai keberhasilan yang lebih besar di masa depan.